Hampir
setiap orang pada zaman sekarang ini pasti telah mengenal apakah itu computer.
Terlebih lagi saat ini computer telah digunakan oleh hampir semua kalangan,
mulai dari anak – anak sampai orang tua.
Banyak
definisi dari berbagai sumber mengenai pengertia computer, namun secara
umum komputer merupakan sebuah sistem
yang berhirarki serta dapat dianggap sebagai struktur sejumlah komponen
berserta fungsinya yang dijelaskan sebagai fungsi kolektif struktur dan fungsi
internalnya.
Disini
penulis bukan ingin membahas mengenai pengertian ataupun definisi mengenai
lomputer, mengingat hampir semua kalangan saat ini pasti telah mengetahui apa
itu computer. Disini yang ingin penulis bahas dan singgung adalah mengenai
organisasi dan arsitektur dari computer itu sendiri, terutama dalam hal
penjelasan dan perbedaan dari dua hal tersebut.
I.
Pengertian
Arsitektur dan Organisasi Komputer
Arsitektur Komputer mempelajari atribut ‑ atribut
sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer. contoh: set instruksi,
aritmetilka yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.
Organisasi Komputer mempelajari bagian yang terkait
dengan unit‑unit operasional computer dan hubungan antara komponen sistem
komputer. contoh: sinyal kontrol, interface, teknologi memori.
II. Perbedaan Arsitektur dan Organisasi
Komputer
Jika
organisasi computer mempelajari bagian yang terkait dengan unit – unit
opperasional computer dan hubungan antara komponen system computer dan interkoneksinya
yang merealisasikan spesifikasi arsitektural, lain hal dengan arsitektur
computer yang mempelajari atribut – atribut system computer yang terkait dengan
seorang programmer, dan memiliki dampak langsung pada eksekusi logis sebuah
program seperti set instruksi, aritmatika, serta mekanisme Input Output.
Untuk lebih jelasnya,
perbedaan dari kedua aspek tersebut akan dijelaskan dalam penjelasan berikut.
Arsitektur
Komputer
Dalam bidang teknik komputer, arsitektur
komputer adalah konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu
sistem computer.Biasanya mempelajari atribut-atribut sistem komputer yang
terkait dengan eksekusi logis sebuah program.
Arsitektur komputer ini merupakan rencana
cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang
didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).
Dalam hal ini, implementasi perencanaan dari
masing–masing bagian akan lebih difokuskan terutama, mengenai bagaimana CPU
akan bekerja, dan mengenai cara pengaksesan data dan alamat dari dan ke memori
cache, RAM, ROM, cakram keras, dll). Beberapa contoh dari arsitektur komputer
ini adalah arsitektur von Neumann, CISC, RISC, blue Gene, dll.
Arsitektur komputer juga dapat didefinisikan
dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi
komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang
memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.
Arsitektur komputer mempelajari atribut –
atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer, dan memiliki
dampak langsung pada eksekusi logis sebuah program.Sebagaimana contoh: set
instruksi, aritmetika yang digunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/0.
Arsitektur komputer ini paling tidak mengandung 3
sub-kategori:
1. Set instruksi (ISA)
2. Arsitektur mikro dari ISA, dan
3. Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.
2. Arsitektur mikro dari ISA, dan
3. Sistem desain dari seluruh komponen dalam perangkat keras komputer ini.
Organisasi Komputer
Organisasi komputer adalah bagian yang terkait erat dengan
unit – unit operasional dan interkoneksi antar komponen penyusun sistem
komputer dalam merealisasikan aspek arsitekturalnya. Biasanya mempelajari
bagian yang terkait dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara
komponen-komponen sister komputer.
Contoh aspek organisasional adalah teknologi hardware,
perangkat antarmuka, teknologi memori, dan sinyal – sinyal kontrol.Arsitektur
komputer lebih cenderung pada kajian atribut – atribut sistem komputer yang
terkait dengan seorang programmer. Contohnya, set instruksi, aritmetika yang digunakan,
teknik pengalamatan, mekanisme I/O.
Sebagai contoh apakah suatu komputer perlu memiliki instruksi
pengalamatan pada memori merupakan masalah rancangan arsitektural. Apakah
instruksi pengalamatan tersebut akan diimplementasikan secara langsung ataukah
melalui mekanisme cache adalah kajian organisasional.
Jika organisasi komputer mempelajari bagian yang terkait
dengan unit-unit operasional komputer dan hubungan antara komponen sistem
computer,dan interkoneksinya yang merealisasikan spesifikasi arsitektural
contoh: teknologi hardware, perangkat
antarmuka (interface), teknologi memori, sistem memori, dan sinyal–sinyal
kontrol
Perbedaaan Utamanya :
Organisasi Komputer :
– Bagian yang terkait dengan erat dengan unit – unit operasional
– Contoh : teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal – sinyal control
– Bagian yang terkait dengan erat dengan unit – unit operasional
– Contoh : teknologi hardware, perangkat antarmuka, teknologi memori, sistem memori, dan sinyal – sinyal control
Arsitektur Komputer :
– Atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer
– Contoh : Set instruksi, aritmetika yang dipergunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O
– Atribut – atribut sistem komputer yang terkait dengan seorang programmer
– Contoh : Set instruksi, aritmetika yang dipergunakan, teknik pengalamatan, mekanisme I/O
Sumber :
http://faridadi91.blogspot.co.id/2012/10/perbedaan-arsitektur-dan-organisasi.html
https://ekofitriyanto.wordpress.com/2013/10/24/pengertian-dan-perbedaan-organisasi-komputer-dengan-arsitektur-komputer/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar