Senin, 07 Desember 2015

TATA CARA DAN ETIKA MENULIS DI INTERNET



Bagi sebagian orang, menulis merupakan suatu hal yang sangat menyenangkan. Banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh sebagian orang lewat menulis, mulai dari mencurahkan isi hati, mengekspresikan suatu buah pemikiran, mencurahkan emosi, dan lain sebagainya. Banyak cara yang biasa orang lakukan untuk bisa menghasilkan suatu penulisan, mulai dari menulis dengan buku, menulis artikel, menulis karya ilmiah, menulis catatan pribadi, dan yang sekarang sedang banyak atau tenar dilakukan adalah menulis pada blog atau dalam dunia internet. Penulisan di dunia maya sangat banyak digandrungi oleh sebagian orang saat ini. Ini dikarenakan banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh jika kita memanfaatkan media internet untuk menulis. Hal yang paling utama adalah tulisan kita tidak hanya bisa dilihat oleh sebagian orang, namun dapat dilihat dan diapresiasi oleh seluruh orang yang ada di belahan dunia. Namun biarpun terkesan bebas dan kita tidak berinteraksi langsung dengan pembaca, kita harus tetap berhati-hati dalam membuat peenulisan  di dunia maya, karena dunia maya pun memiliki aturan untuk menulis, walaupun itu hanya sekedar curahan hati. Dalam kesempatan kali ini saya akan menulis sedikit tentang Tata Cara Penulisan Dan Etika Menulis di Iinternet. Berikut Penjelasannya :

1.      Tidak membajak karya orang lain
         Dalam menulis di dunia maya sebaiknya tidak membajak karya orang lain. Kalau pun anda mengambil sebagian teks dari karya orang lain, sebaiknya mencantumkan sumber tulisan nya, karna anda bisa masuk jeruji besi (penjara) karena anda membajak karya orang lain.

2.       Tidak mengandung SARA
           Masalah SARA (Sosial, Adat, Ras Dan Agama) sangat rentang menimbulkan pertentangan yang akan berakibat buruk apalagi ditulis dalam media online yang bersifat mudah menyebar. Pemahaman orang tentang hal ini tentu saja berbeda-beda berdasarkan latar belakang orang yang membacanya. Keanekaragaman pemikiran tersebut akan menyulut masalah SARA yang ditulis dalam suatu blog menjadi masalah yang serius dan susah terkendalikan. Sehingga kita harus benar-benar dalam menyampaikan ini semua, karena jangan sampai rangkaian huruf dapat menjadi bom waktu yang dapat meledakkan kerukunan bangsa kita.

3.      Tidak merugikan pihak lain
          Maksud dari tidak merugikan orang lain adalah tidak menjelekkan nama orang lain, nama instantsi tertentu ataupun mengejek sebuah produk yang di jual di dunia maya ketika menulis di Internet. karna anda bisa di tuntut karna melakukan hal ini.

4.      Sopan dalam penulisan
         Sopan akan membat para pembaca menjadi betah ketika membaca artikel/tulisan anda di dunia maya, dan mengakibatkan pembaca menunggu tulisan tulisan anda di dunia maya, sebaiknya tidak meng-Capslock tulisan dengan tujuan untuk menyindir atau memojokan seseorang. 

 5.      Tata bahasa harus benar

         Gunakan tata bahasa yang benar ketika Anda menulis di Dunia maya. karna beberapa instansi melihat sebuah tulisan di blog sebagai bahan pertimbangan untuk bekerja sama antara para blogger dengan instansi tertentu. misalkan instansi google adsence atau instansi tecknorati ataupun yang lainSebenarnya hal yang paling sederhana yang dapat dilakukan saat menulis di dunia maya adalah meningkatkan kehati-hatian, pikirkan lagi ketika kita ingin menulis di internet demikian juga tulisan di blog, untuk itu dalam menulis harus dipikirkan dulu tujuan yang hendak di capai dalam tulisan tersebut. Maka dari itu seharusnya kita harus lebih menghargai karya orang lain sehingga orang lain kan menghargai karya kita juga dan tetap menjunjung tinggi etika penulisan dalam internet. 
 
6.        Tampilan karya menarik (tidak terlalu kaku)
           Menulis artikel di blog merupakan  suatu ide dan pemikiran dari kita sendiri, tentunya tidak akan sama  dengan karya orang lain. Hasil karya tulisan atau artikel kita akan semakin baik apabila ada yang mengomentari tulisan kita, karena dengan semakin banyak orang berkomentar maka tentunya tulisan kita juga akan semakin terkenal . Oleh sebab itu, jangan terlalu kaku dalam membuat suatu karya tulis dan juga berusaha unuk menampilkan suatu tampilan yang menarik sehingga orang lain akan terlihat terhibur dan tertarik ketika membaca tulisan kita.

7.        Dapat memberi inspirasi
           Buatlah suatu karya tulis yang isinya menarik dan memberikan suatu inspirasi untuk kepentingan umum, mungkin dengan adanya inspirasi dari kita akan membuat suatu perubahan yang lebih baiik ke depannya. Hal ini akan membuat si pembaca merasa terkesan dan juga akan memberikan dampak yang positif bagi orang lain yang membacanya.

8.        Memberi manfaat bagi pembaca
           Untuk membuat artikel atau karya tulis yang baik  selain memuat bahasa dan tata cara yang baik juga haruslah dapat memberikan suatu manfaat bagi si pembaca. Hal ini dapat berupa sebuah solusi atau saran bagi pembaca yang bertanya ataupun bagi yang kurang mengerti dari tulisan kita. Bila semua aspek itu telah kita miliki dalam penulisan karya tulis, maka bukan tidak mungkin karya kita akan diberikan applause dari pembaca dan tentunya karya tulis kita akan menjadi terkenal.



Referensi : 

http://syifaunnida.blogspot.co.id/2014/10/tata-cara-dan-etika-menulis-di-internet.html
http://nimasputry975.blogspot.co.id/2015/10/organisasi-arsitektur-komputer.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar