Jumat, 05 Desember 2014

Pemanfaatan Tenaga Matahari Untuk Charger Handphone





Tidak ada hal yang diciptakan Tuhan dengan sia – sia. Mungkin itu kata – kata yang tepan untuk menggambarkan semua benda ataupun makhluk yang ada di alam ini, tak terkecuali sinar matahari. Sinar matahari merupakan energi utama yang ada di alam ini, dan merupakan sumber energi terbesar di tata surya ini. Banyak pemanfaatan – pemanfaatan secara langsung yang bisa kita rasakan dari energi matahari ini, seperti untuk memberikan suhu stabil pada bumi ini, memberikan kemampuan pada tumbuhan untuk berfotosintesis, sampai kepada pemanfaatannya sebagai pensuplai vitamin D terbesar bagi tubuh kita. Namun pastinya masih banyak manfaat dari sumber energi alam terbesar ini yang belum kita ketahui, salah satunya pemanfaatan tenaga matahari untuk charger handphone.

Mungkin yang selama ini kita tahu bahwa tenaga atau batre yang terdapat pada handphone hanya bisa kita isi dengan menggunakan energi listrik, hal yang sudah sangat lumrah dan hampir semua orang yang memiliki handphone tahu. Namun dibalik itu semua ternyata energi yang disimpan pada batre handphone bisa kita isi dengan menggunakan energi surya/matahari, tentunya dengan melalui berbagai mekanisme dan tahap yang mungkin sebenarnya tidak terlalu rumit. Aplikasi ini biasa disebut dengan solar cell

Solar cell merupakan suatu mekanisme perubahan energi cahaya menjadi energi listrik dimana dalam mekanisme solar cell ini inputnya berupa tenaga matahari/cahaya dan keluaran ataupun outputnya berupa arus listrik searah (DC) yang merupakan masukan (input) yang dibutuhkan untuk menjalankan alat – alat yang menggunakan masukan (input) arus sekitar 5 volt, termasuk untuk charger HP.

Pada video di atas diterangkan jelas bagaimana pemanfaatan solar cell untuk mencharger handphone. Pada alat itu dapat terlihat terdapat sensor cahaya (LDR) yang berfungsi untuk menangkap cahaya matahari. Setelah cahaya ditangkap, selanjutnya input yang berupa cahaya tadi di proses pada mikrokontroller dan hasil proses tadi dikeluarkan (output) berua energi listrik arus searah (DC) yang dimanfaatkan untuk mencharger handphone. Praktis alat ini dapat memudahkan kebutuhan manusia bilamana tidak ditemukan energi listrik ketika berada di suatu tempat, dan yang lebih penting setidaknya alat ini dapat membantu penghematan energi listrik yang akhir – akhir ini dapat dikatakan bahwa sumber cadangan energi listrik sudah mulai terancam.

Fungsi alam dan lingkungan guna memenuhi kebutuhan manusia memang terbilang sangat krusial. Banyak sekali fungsi alam yang telah memberikan banyak manfaat bagi manusia, mulai dari yang alami seperti manfaat air, tumbuhan, dan lain – lain, sampai kepada fungsi alam yang terlebih dahulu harus diolah, seperti pada pemanfaatan solar cell tadi. Begitu banyak fungsi alam dan lingkungan yang seharusnya kita jaga dengan baik, karena nantinya kita dan anak cucu kita jugalah yang akan memanfaatkan sumber daya alam yang sungguh sangat kaya ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar